Berhadapan dengan masalah kehamilan bisa mendatangkan masalah besar, sebuah isu emosional. Sayangnya, ketika kita dibawah tekanan, kita meluapkannya kepada orang terdekat, dan itu adalah pasangan kita. Pria dan wanita tidaklah sama. Mereka berkomunikasi dan menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda. Mereka cenderung mengatasi masalah kesulitan kehamilan dengan cara yang berbeda juga. Ketika Anda berhasil menyadari hal ini, Anda bisa terhindar dari salah komunikasi dan bersama-sama sebagai tim menikmati perjalanan mendapatkan anak.


Umumnya, wanita cenderung menyelesaikan masalahnya dengan bercerita. Secara naluriah, perempuan memilih untuk berbagi kisahnya terutama kepada teman wanitanya yang bisa mereka mintai nasihat. Aapapun masalahnya, mereka ingin mengetahui semua fakta. Situs di internet, forum, buku dan majalah adalah sejumlah media sumber informasi yang akan diserbu.


Pria cenderung memilih caranya sendiri untuk menyelesaikan masalah. Tidak mudah bagi mereka untuk menceritakan perasaan mereka dan mengusahakan agar masalah tidak menggangu keseharian mereka. Fakta ini akan membuat beberapa wanita mempertanyakan kepedulian pasangannya terhadap masalah bersama. Jawabannya akan sulit tapi akan terjawab dalam banyak cara.


Pria cenderung fokus pada informasi penting yang akan digunakan sebagai dasar keputusan. Mereka tidak suka menghabiskan waktu untuk mencarinya. Tapi mereka akan memeriksa sejumlah website untuk mencari berbagai opini untuk melengkapi hasil rekomendasi dokter.


Bersiaplah untuk kenyataan bahwa Anda dan pasangan mungkin akan tidak mengalami gejolak yang sama di waktu yang sama atau dengan cara yang sama. Selama periode pemeriksaan, beberapa pasangan melaporkan rasa frustasi dan kemarahan. Cobalah untuk mengendalikan fokus Anda kepada hal yang positif seperti hobi dan aktivitas baru.


Bekerja sebagai tim

Menghadapi bulan-bulan ke depan, akan lebih mudah jika Anda dan pasangan bekerja sebagai sebuah tim. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda berkomunikasi dengan pasangan:

Pilih kapan dan bagaimana Anda menyampaikan terapi kesuburan ini. Diskusi tentang masalah kesuburan seharusnya tidak menghabiskan waktu hidup Anda apalagi hubungan Anda dengan pasangan. Pilihlah waktu tambahan untuk membicarakan hal ini. Pria lebih mampu menghadapi percakapan yang sensitif sambil beraktivitas daripada duduk berhadapan di meja. Sambil berjalan-jalan atau berkebun patut dicoba.

Diskusikan harapan Anda masing-masing. Tidak ada seseorang yang mampu mengerti kebutuhan emosional orang lain walaupun berada di waktu yang terbaik. Sebaiknya, Anda berdua menyepakati harapan-harapan di awal, untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari.

Putuskan seberapa banyak hal yang ingin Anda bagikan kepada orang lain di luar pasangan Anda. Adalah penting untuk mendiskusikan kesulitan kehamilan Anda dengan orang-orang yang dekat dengan Anda. Tentu Anda juga harus memastikan bahwa rahasia Anda aman dengan orang tersebut. Isu tentang ketidaksuburan dapat menjadi sebuah tantangan bagi sisi maskulin pria. Sepakati hal-hal apa saja yang tetap menjadi rahasia Anda berdua.

Rencanakan aktivitas yang Anda bisa kerjakan bersama sebagai pasangan. Romantisme dan spontanitas menjadi mudah terekspresikan ketika Anda berdua sedang menikmati hal bersama. Tambahkan sedikit upaya ketika merencanakan sesuatu yang menyenangkan, ketika Anda tidak perlu membicarakan tentang isu kesuburan. Unduh bagan "Kerja sebagai Tim" untuk membantu Anda memulainya.

Jangan patah semangat jika langkah awal Anda tidak sukses. Diskusikan dengan dokter Anda kapan waktu yang tepat untuk mencari pertolongan dari ahli kesuburan di klinik khusus. Seorang ahli kesuburan mampu memberikan kepada Anda diagnosa yang menyeluruh dan pilihan terapi di luar perawatan dokter. Baca lebih lanjut tentang hal ini.


Muncul dari hubungan yang lebih kuat

Mayoritas pasangan yang menjalani terapi kesuburan mengatakan bahwa pengalaman tersebut membawa mereka makin dekat dan relasi mereka makin kuat. Walaupun Anda memakai cara yang berbeda, Anda mungkin saja menjadi pasangan yang sempurna. Menggunakan kekuatan pasangan Anda dapat menguntungkan Anda sebagai pasangan. Berkomunikasilah secara terbuka dan lakukan perencanaan bersama. Walaupun semuanya tidak selalu berjalan sesuai harapan, Anda akan tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya dan akan menemukan kekuatan untuk melanjutkan usaha Anda. Di atas segalanya, ingatlah bahwa Anda berdua menginginkan hal yang sama. Jika pasangan Anda membutuhkan dukungan yang lebih besar, cobalah bersama-sama menemui psikolog. Jangan melupakan pentingnya nasihat para profesional atau secara berlebihan menilai kemampuan Anda menghadapi tekanan. Hal yang paling penting adalah mencegah stress datang. The Fertility Compass dapat menolong Anda dan pasangan untuk memutuskan apakah Anda perlu bertemu dengan psikolog.

Bagaimana kami dapat menjaga kekuatan hubungan kami selama masa terapi?


Untuk keberhasilan atau kegagalan

Masalah ketidaksuburan bisa menjadi perjalanan Anda dalam kesendirian walaupun ada dukungan dari pasangan terkasih. Ada masanya dimana Anda merasa tidak dimengerti dan berada seorang diri. Perlu dicatat bahwa mengharapkan orang lain mengerti kebutuhan emosional Anda tidaklah realistis. Hal ini juga dikarenakan pria dan wanita berkomunikasi dengan cara yang berbeda. 


Umumnya, wanita cenderung menyelesaikan masalahnya dengan bercerita. Secara naluriah, perempuan memilih untuk berbagi kisahnya terutama kepada teman wanitanya. Sementara itu, bukan hal yang alami bagi pria untuk bercerita tentang masalahnya dan mereka cenderung memilih caranya sendiri untuk menyelesaikan masalah. Pengertian akan perbedaan ini akan menolong Anda untuk mencegah salah pengertian dan tetap bisa menjalani pengalaman Anda bersama sebagai sebuah tim. Terimalah fakta bahwa pria dan wanita berbeda dalam menangani masalah emosi dan menyelesaikannya dengan cara yang berbeda pula. Anda berdua mungkin sama-sama peduli dengan keinginan untuk menjadi orang tua, tapi mengekspresikannya dengan cara yang berbeda. Gunakan Fertility Compass untuk mencari tahu tipe Anda dalam menghadapi masalah dan membandingkannya dengan pasangan.


Bekerja sama

Terlepas dari ketegangan yang muncul, kebanyakan pasangan yang mampu menghadapi terapi kesuburan mengatakan bahwa mereka semakin dekat dalam menjalani pengalaman tersebut. Hubungan mereka semakin kuat. Membicarakan segala sesuatu adalah hal yang vital. Gunakan bagan ini untuk memulainya.


Anda akan ditolong untuk :

Sepakat bersama dalam kemungkinan yang dimunculkan oleh pasangan Anda tanpa perlu banyak bertanya.

Merencanakan masa depan. Hal ini akan membantu Anda menyusun segala sesuatunya sesuai dengan perspektif dan fokus pada apa yang paling penting untuk Anda ambil saat berada dalam situasi yang sulit.

Jangan biarkan masalah ketidaksuburan menguasai hidup Anda. Sebaliknya, jika perlu mendiskusikannya, siapkan waktu khusus dan hasilkan banyak pemikiran. Berjalan-jalan di taman akan lebih mungkin menghindarkan Anda dari tekanan daripada berdiskusi di meja.

Tambahkan sedikit upaya ketika merencanakan sesuatu yang menyenangkan, ketika Anda tidak perlu membicarakan tentang isu kesuburan. Hal ini penting untuk menyeimbangkan hidup Anda.

Isu kesuburan bisa menjadi sebuah keuntungan bagi banyak pasangan terutama dalam bekerja sama menghadapi kesulitan dan menyelesaikannya. Konseling dengan pasangan akan membantunya. Pada akhirnya, Anda akan melihat bahwa Anda telah berhasil berbagi rasa hormat dan pengertian dalam level baru yang mana hubungan Anda akan lebih dari yang pernah Anda bayangkan.


Bangun banyak jaringan pendukung

Terapi kesuburan memang menghabiskan banyak waktu dan ada masanya dimana stress tingkat tinggi melanda Anda. Pasangan mungkin akan menghadapi rentang emosi yang tinggi. Mood bisa membawa Anda terbang dari harapan ke rasa takut, dari sukacita ke kekecewaan. Jika Anda membutuhkan dukungan emosional tambahan di luar dukungan pasangan Anda, bicaralah dengan teman Anda atau bergabunglah dengan kelompok yang bisa mendukung Anda. Tapi ingatlah bawah isu kesuburan merupakan sebuah tantangan tertentu bagi sisi maskulin pria. Sepakati bersama pasangan, hal apa yang tidak boleh dibicarakan dengan orang lain. Anda tetap bisa berkonsultasi dengan konselor jika masih merasa membutuhkan orang lain untuk berbagi. Beberapa pasangan mungkin membuthkan langkah yang lebih banyak daripada yang lainnya untuk sukses. Kabar baiknya adalah tersedia banyak terapi. Seiring waktu berjalan, Anda harus mengevaluasi pilihan-pilihan Anda. Pelajari tentang hal ini sehingga Anda dan pasangan dapat membuat perencanaan sendiri.