Angka kesuksesan dalam terapi modern kesuburan termasuk tinggi. Namun bagi mayoritas pasangan, berbagai terapi tetap dibutuhkan. Belajar bagaimana menghadapi stress adalah langkah penting untuk meyakinkan diri Anda dan pasangan untuk mencapai tujuan.


Orang-orang berespon berbeda terhadap stres. Beberapa orang langsung merasa hancur menghadapi isu kesuburan, sedangkan yang lainnya mampu untuk menghadapi dan menyelesaikannya. Strategi tiap orang untuk menangani isu yang menguras emosi ini tentu berbeda satu dengan yang lainnya.


Beberapa orang :

  • 1. Aktif menyelesaikan masalah
  • 2. Berpikir positif dan optimis melihat peluang
  • 3. Mencari dukungan emosional dari teman-teman mereka
  • 4. Menyalahkan diri mereka atas kesulitan mereka untuk bisa memiliki anak
  • 5. Mencari kesibukan atau melupakannya dengan kegiatan sosial
  • 6. Menghindari untuk terus memikirkan hal tersebut
  • 7. Sangat penting untuk memahami bagaimana Anda menyelesaikan masalah


Gunakan penyelesaian masalah secara aktif untuk mengurangi stress

Seringkali Anda akan merasa lebih baik dalam menghadapi masalah Anda setelah mengambil waktu untuk mencari tahu cara penyelesainnya dan merencanakan sesuatu yang positif untuk membuat perubahan. Pria akan merasa sangat nyaman dengan pendekatan ini. Pelajari dan rencanakan bersama strategi Anda untuk menyelesaikan masalah. Atur untuk menghadapi bulan-bulan yang akan datang. Dengan sedikit perencanaan, waktu akan berlalu dengan cepat dan Anda akan menemukan kekuatan untuk melanjutkan terapi Anda selanjutnya.


Akan ada masa dimana usaha Anda dalam menyelesaikan masalah tidak berhasil. Anda tidak bisa mempersingkat waktu sehingga cepat-cepat ingin melakukan tes kehamilan atau jalan pintas untuk mendapat Anak. Dalam situasi ini, pendekatan lain untuk mengurangi stress bisa menolong. Menyibukkan diri Anda dengan berbagai aktivitas atau dengan teman dan tetap berpikir positif. Beberapa kalimat positif akan menolong Anda mendapatkan perspektif yang membantu untuk menolong Anda sewaktu-waktu.


Kekuatan dukungan dari banyak orang


Mendiskusikan isu kesuburan akan menimbulkan ketidaknyamanan, tapi memperlihatkan apa yang Anda rasakan akan menolong Anda melepaskan stress. Penting bagi Anda untuk mencari dukungan. Isu kesuburan merupakan isu sensitif dan banyak orang tidak tahu bagaimana harus bersikap. Pandu percakapan dan bantu mereka untuk menghindari topik yang mungkin membuat Anda tersinggung atau membuat Anda merasa tidak nyaman. Terbukalah untuk mengatakan bahwa Anda tidak sedang ingin membicarakan hal tersebut dan sebaliknya, tanyakan kabar mereka. Pastikan teman-teman Anda tahu bahwa mereka dapat menolong Anda.


Jika Anda membutuhkan dukungan tambahan namun tidak mau menceritakannya kepada seorang teman, datanglah kepada konselor masalah kesuburan. Dokter di klinik bisa membantu Anda.


Wajar jika Anda merasa rapuh setelah mengikuti sejumlah tes dan hasilnya negatif. Aktivitas mengunjungi keluarga atau teman yang baru memiliki bayi mungkin bukan solusi yang tepat menurut Anda. Tapi semakin sering Anda menghindari teman yang sedang hamil atau yang sudah memiliki anak, Anda akan semakin tertekan. Anda makin terjebak dalam perasaan Anda. Lakukan perubahan. Terbukalah kepada teman-teman Anda yang sedang hamil dan jernihkan pikiran Anda.