Bagi banyak pasangan, harapan untuk bisa hamil tetap ada walaupun harus membutuhkan sedikit bantuan. Kehamilan merupakan hasil dari kombinasi kompleks dari faktor dan peristiwa dimana hal yang rumit mungkin saja terjadi. 

Selama masa 28 hari siklus normal reproduksi wanita, rahim melepaskan satu sel telur dari folikel dari salah satu rahimnya. Sel telur itu bergerak turun melalui saluran rahim dimana sperma, yang dapat hidup 48-72 jam di tubuh manusia, dapat membuahinya. Jika sel sperma mencapai dan menembus sel telur itu dan gen mereka bersatu, maka embrio akan terbentuk. Sebuah kehidupan baru terbentuk.

Ketika sel pertama itu membelah diri, embrio memulai perjalannya ke dan tertanam di rahim. Di situlah embrip berkembang. Jika pembuahan tidak terjadi atau embrio gagal tertanam, dinding rahim meluruh kembali sehingga menstruasi kembali terjadi. Waktu terbaik untuk pembuahan adalah dalam masa subur yaitu pada 6 hari sebelum memasuki masa menstruasi. Gunakan kalkulator ovulasi untuk membantu Anda menemukan masa subur Anda.


Peran Hormon

Hormon mempengaruhi sistem reproduksi pria dan produksi sperma. Bagi wanita, hormon mengontrol siklus menstruasi, perkembangan dan pelepasan sel telur. Hormon bagi wanita juga membantu rahim untuk menerima embrio.


Kapan harus memikirkan nasihat medis?

Kehamilan merupakan proses yang rumit dan bukan hal yang aneh jika kesulitan muncul. Sekitar satu dari sepuluh pasangan membutuhkan nasihat medis atau pertolongan medis. Tapi tentu selalu ada solusi.


Dokter akan merekomendasikan pasangan mencari bantuan jika pasangan wanita gagal untuk hamil :

Setelah 12 bulan berhubungan seks tanpa alat pengaman dan 6 bulan apabila pasangan wanita Anda berusia lebih dari 35 tahun

Jika pasangan wanita Anda pernah mengalami dua kali atau lebih keguguran

Jika kondisi medis tertentu mempengaruhi peluang Anda

Kesuburan berbanding lurus dengan usia. Untuk wanita sehat, peluang untuk bisa hamil di masa subur adalah sebesar 20 persen jika Anda berumur 30 tahun dan peluang Anda hanya 5 persen di usia 40 tahun. Jika Anda telah mencoba hamil selama 6 bulan dan Anda telah berusia 35 tahun atau lebih, jangan tunda lagi untuk mencari pertolongan medis.