Ketika akan menjalani program bayi tabung, beberapa persiapan harus dilakukan oleh pasutri. Hal ini layaknya mempersiapkan lahan agar menjadi ideal untuk ditanami. Salah satu persiapan dasar bagi calon Ibu sebelum menjalani program bayi tabung adalah dengan mengonsumsi asupan makanan sehat yang mendukung fertilitas sehingga pemenuhan nutrisi penting untuk fase awal perkembangan janin terjamin.

 

Berikut adalah beberapa jenis makanan pendukung fertilitas yang mengandung berbagai jenis mikronutrien yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk mempersiapkan program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF):

 

  • Buah-buahan

Selain sebagai sumber alami antioksidan yang sangat baik, buah-buahan juga mengandung vitamin C dan Flavonoid. Buah-buahan yang kadar antioksidan-nya paling tinggi antara lain: delima, stroberi, blueberry, dan plum.

 

  • Telur

Telur merupakan sumber protein yang juga mengandung vitamin D dan B12.

 

  • Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Berbagai jenis kacang dan biji-bijian merupakan sumber nutrisi yang sangat baik karena mengandung Omega 3, zat besi, vitamin E, dan protein.

 

  • Daging Sapi Organik

Daging sapi organik kaya akan Omega 3, zat besi, vitamin B12, dan protein. Daging sapi organik lebih disarankan dibanding daging sapi biasa, karena pola konsumsi natural dari sapi tersebut membuat dagingnya mengandung lebih sedikit lemak dan Omega 3 lebih tinggi, dibandingkan daging sapi non-organik. Sapi non-organik juga umumnya dibesarkan dengan hormon dan diberi antibiotik.

 

  • Sayuran Berdaun dan Berwarna Gelap

Contoh dari sayuran jenis ini adalah bayam, kale, dan sawi. Sayuran-sayuran ini mengandung zat besi, asam folat, vitamin B6, dan vitamin E.

 

  • Ikan dan Kerang

Ikan dan kerang adalah jenis makanan yang paling padat nutrisi yang dapat dikonsumsi. Ikan kaya akan asam lemak, vitamin D, zat besi, vitamin B12, selenium, dan CoQ10.

 

  • Hati Ayam

Hati ayam kaya akan vitamin D, zat besi, asam folat, dan vitamin B12.

 

 

 

 

 

Source :

Westphal LM, Polan ML, Trant AS, Mooney SB. (2004) A Nutritional Supplement for Improving Fertility In Women. J Reprod Med. Apr; 49(4):289­93.

Hass, Elson, M.D. (2006). Staying Healthy with Nutrition; The Complete Guide to Diet and Nutritional Medicine. Berkeley, California: Celestial Arts.

Hethir Rodriguez. The Natural Fertility Diet: How to Eat for Optimal Fertility. Retrieved From : http://natural-fertility-info.com/fertility-diet