Banyak spekulasi yang beredar mengenai apa yang boleh dilakukan dan apa yang harus dihindari dalam mempersiapkan program bayi tabung atau In Vitro Fertilisation (IVF). Yang ingin dicapai tentu saja probabilitas maksimum untuk keberhasilan dan menghindari hal-hal yang merugikan kemungkinan berhasilnya program bayi tabung ini. Salah satu yang sering menjadi pertanyaan adalah mengenai kegiatan berlibur atau melakukan perjalanan.

 

Berlibur untuk melepas stres atau sebagai selingan di tengah program fertilitas merupakan ide yang baik. Bahkan dari studi yang dilakukan, tidak ada bukti konklusif bahwa bepergian sebelum, atau pada saat siklus program bayi tabung memiliki dampak negatif terhadap keberhasilan program. Namun, pada prakteknya memang masih banyak orang yang meghindari bepergian ketika akan menjalani program bayi tabung. Hal ini tentu saja dapat dimengerti karena bagi sebagian besar calon Ayah dan Ibu memilih untuk sebisa mungkin menghindari risiko meskipun hal tersebut hanya didasarkan atas spekulasi.

 

Pandangan secara ilmiahnya adalah bahwa probabilitas keberhasilan dari program bayi tabung akan pada puncaknnya ketika tubuh calon Ibu dalam kondisi yang prima. Kegiatan berlibur memilki kemungkinan untuk membuat kelelahan, konsumsi nutrisi yang kurang baik dan seimbang, ataupun menyebabkan stres. Maka sebenarnya boleh saja berlibur saat akan menjalani program bayi tabung, selama hal tersebut tidak memberikan tekanan pada kondisi tubuh dan psikis calon Ibu.

 

Namun ketika program bayi tabung sudah dimulai, khususnya setelah transfer embrio, maka calon Ibu harus lebih bijak dalam mengatur rencana berlibur. Perjalanan darat menggunakan mobil dengan durasi agak panjang yaitu 4 sampai dengan 6 jam masih dapat dilakukan, namun untuk perjalanan udara disarankann untuk tidak dilakukan sampai 48 jam setelah transfer embrio. Bila memang perjalanan udara benar-benar harus dilakukan dalam waktu dekat dengan transfer embrio sebaiknya konsultasikan dahulu kepada spesialis fertilitas atau dokter terkait.

 

 

Source :

Andrew D. A. C. Smith, Kate Tilling, Scott M. Nelson, Debbi A. Lawlor. (2015). Live-Birth Rate Assoociated With Repeat In Vitro Fertilization Treatment Cycles. The Journal of American Medical Association. JAMA.2015;314(24):2654-2662

Jerald Goldstein. Is It Wise To Travel During an IVF Cycle. Retrieved From : http://www.fertilitytexas.com/travel-during-an-ivf-cycle/