Ketika berusaha mendapatkan buah hati, tentu saja calon orang tua menginginkan kemungkinan keberhasilan yang optimal dan sebisa mungkin mengindari risiko adanya hambatan terhadap kehamilan, terlebih sampai terjadinya keguguran. Salah satu hal krusial dalam menghindari terjadinya keguguran adalah dengan memperkuat kandungan untuk mendukung kehamilan.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat kandungan dan menghindari terjadinya keguguran:

 

  • Tingkatkan Konsumsi Vitamin C

Kekuatan dari lapisan uterus (rahim) sangat penting semasa kehamilan. Seringkali bila jaringan penghubungnya lemah, embrio tidak dapat ditopang dengan baik dan hal ini dapat berakibat kepada keguguran. Kualitas jaringan penghubung dan pembuluh darah dipengaruhi oleh banyaknya kandungan Vitamin C dan Bioflavonoid dalam tubuh.

 

  • Lakukan Yoga Kehamian

Yoga kehamilan terbukti memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk calon Ibu. Gerakan-gerakan yoga dapat memperkuat otot panggul dan uterus (rahim) juga membantu meningkatkan sirkulasi dan fleksibilitas.

 

  • Konsumsi Daun Raspberi Merah

Daun raspberi merah merupakan tanaman yang kaya nutrisi, memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi, juga mengandung bentuk kalsium yang mudah diserap oleh tubuh. Disamping itu, tanaman ini membantu efektifitas uterus pada saat kehamilan dan dapat mengurangi pendarahan berlebih pada saat dan setelah melahirkan.

 

  • Prosedur Cerclage

Salah satu hal yang dapat menyebabkan bayi keluar dari kandungan sebelum waktunya  dan dapat berakibat pada keguguran adalah, bila serviks (leher uterus) tidak cukup kuat untuk menahan agar bayi tetap berada dalam kandungan. Hal ini disebut serviks lemah atau serviks inkompeten. Bila calon ibu mengalami hal ini, dapat diatasi dengan prosedur pembedahan yang disebut cerclage (jahitan menutup leher rahim).  Pada prosedur ini satu atau lebih jahitan dilakukan di sekitar leher rahim atau melalui leher rahim agar tetap tertutup rapat.

 

 

Source :

Chan YY, Jayaprakasan K, Tan A, et al. 2011b. Reproductive outcomes in women with congenital uterine anomalies: a systematic review. Ultrasound Obstet Gynecol 38(4):371-82 onlinelibrary.wiley.com [pdf file, accessed May 2016]

S. Weed (1986). Wise Woman Herbal for the Childbearing Year. Woodstock, New York: Ash Tree Publishing.

S. R Becker . Uterus-Strenghtening Yoga Posture. Retrieved From :

 http://www.livestrong.com/article/362293-effective-yoga-postures-for-uterus-strength/