Banyak hal yang dapat menunjang program kehamilan bagi pasutri yang sedang mendambakan kehadiran sang buah hati. Salah satunya adalah dengan memerhatikan nutrisi yang diasup, menjaga pola istirahat, dan terutama berolahraga.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, olahraga menjaga kesehatan jantung dan berolahraga selama program kehamilan berpengaruh langsung dalam mengurangi resiko diabetes. Olahraga tidak hanya menjaga kebugaran saja tetapi dapat membuat calon ibu hamil merasa lebih segar dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Olahraga ideal bagi pasutri adalah 45 menit dalam lima hari selama seminggu saat menjalani program kehamilan. Calon ibu disarankan untuk tidak berolahraga terlalu keras karena kelelahan juga dapat mengganggu kesuburan. Ibu dapat berolahraga ringan seperti jalan cepat, jogging, golf, ataupun zumba.

Salah satu olahraga terbaik untuk meningkatkan kesuburan adalah yoga. Calon Ibu dapat melepas stres, meningkatkan fungsi tubuh dan memperlancar aliran darah dalam tubuh. Posisi yoga yang berpusat pada area genital akan merangsang aliran darah dan hormonal yang membantu kesuburan. Calon Ibu juga dapat berolahraga bersama calon ayah dengan acroyoga, yaitu yoga yang dilakukan dengan cara berpasangan.

Calon ayah dapat berolahraga santai sambil meningkatkan kesuburan sperma. Pilihan yang baik bagi calon Ayah adalah bersepeda, lari, atau olahraga permainan seperti basket dan sepak bola. Dengan olahraga, calon ayah akan menjaga tubuh agar tetap fit dan agar testis memproduksi sperma dengan baik.

Beberapa hal yang dapat diperhatikan oleh pasutri adalah meminta saran dari dokter sebelum berolahraga. Selain itu, jangan terlalu bersemangat di awal olahraga karena kelelahan dan penurunan berat badan yang drastis dapat mengganggu kesuburan. Bila terjadi kram atau nyeri, disarankan agar pasutri untuk beristirahat sebelum memulai rutinitas olahraga kembali.

 

Source :

Kathryn Curtis, Aliza Weinrib, and Joel Katz. 2012. Systematic Review of Yoga for Pregnant Women: Current Status and Future Directions. Department of Psychology, Faculty of Health, York University. Cited May 2016

Jenis Olahraga Penunjang Kesuburan from akuinginhamil.com cited May 2016