Duapuluh lima Juli 1978, dunia gempar karena kelahiran seorang bayi bernama Louise Joy Brown. Louise, pada saat itu, adalah satu-satunya bayi yang lahir karena pembuahan di luar tubuh ibunya, yang sekarang kita kenal sebagai bayi tabung.

Louise  lahir dari pasangan Edwards dan Lesley Brown. Lesley Brown tidak dapat hamil karena mengalami penyumbatan pada saluran telurnya. Ia dan sang suami pun akhirnya menjalani perawatan kesuburan. Pada bulan November 1977, Lesley setuju untuk melakukan prosedur  pembuahan telur oleh sperma di luar tubuh -- in vitro fertilization (IVF) yang kala itu masih bersifat eksperimental.

Prosedur ini digawangi oleh Robert Geoffrey Edwards (lahir 27 September 1925 – meninggal 10 April 2013 pada umur 87 tahun), seorang ahli fisiologi Inggris yang memperoleh Penghargaan Nobel Kedokteran tahun 2010 bersama Patrick Steptoe untuk penemuan mereka dalam bidang kesuburan in vitro yang menjadi dasar dari lahirnya bayi tabung Louise .

Pembuahan yang menghasilkan Louise tidak langsung berhasil.  Edwards-Steptoe mengalami kegagalan sebanyak 100 kali dan hanya menghasilkan kehamilan singkat. Barulah setelah dicoba  pada pasangan Edward-Louise, eksperimen duo dokter ini berhasil.

Louise lahir secara Caesar karena  sang ibu mengalami toksemia atau keracunan pada masa kehamilan. "Namun semua pemeriksaan menunjukkan bahwa bayi cukup normal. Kondisi ibu setelah melahirkan juga sangat baik...", kata  Patrick Steptoe seperti diberitakan BBC .

Para dokter dan ayah ibu Louise sempat digugat oleh banyak orang yang mengganggap program bayi tabung adalah ilegal dan melanggar etika. Namun, Edward dan Lesley tetap bergeming. Bahkan mereka ikut program bayi tabung yang kedua dan berhasil melahirkan Natalie Brown.

Kini baik Louise maupun adiknya Natalie telah dewasa. Bahkan mereka sudah punya anak. Pada Mei 1999, Natalie Brown memiliki anak secara normal. Disusul Louise Brown yang juga bisa memiliki anak secara normal di tahun 2006. Persalinan yang dialami duo bayi tabung pertama di dunia ini menggugurkan keraguan bahwa bayi tabung tidak bisa hamil secara alami.

Bayi tabung pertama di Indonesia

Bapak bayi tabung di Indonesia adalah Dr. Sudraji Sumapraja.Pada 1985, Dr. Sudraji  membentuk tim yang bertugas mendatangkan teknologi bayi tabung dari luar negeri ke Indonesia. Setelahnya, dia pun membuat program Melati, singkatan dari melahirkan anak tabung Indonesia.

Berkat tangan dinging Doktor Sudraji dan timnya, pada 2 Mei 1988, lahirlah bayi tabung pertama Indonesia melalui operasi Caesar di RSAB Harapan Kita. Bayi tabung itu diberi nama Nugroho Karyanto oleh Ibu Tien Soeharto. Nugroho kini juga sudah dewasa dan menjalani hidup dengan normal seperti orang lain.

 

m.liputan6.com/news/read/2278123/25-7-1978-lahirnya-bayi-tabung-pertama-di-dunia

www.kabarkami.com/sejarah-program-bayi-tabung-di-indonesia.html

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Robert_G._Edwards

BAYI-BAYI TABUNG PERTAMA ITU KINI TELAH DEWASA