Kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas bagi para calon Ibu. Tetapi dalam kasus program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF), umumnya timbul pertanyaan tambahan mengenai perbedaan pola makan untuk calon Ibu yang menjalani program bayi tabung dengan calon Ibu lainnya.

 

Konsumsi nutrisi yang baik dan berimbang selalu disarankan untuk calon Ibu, baik yang menjalani program bayi tabung maupun tidak, namun ada beberapa hal yang memang menjadi perhatian terkait nutrisi yang berhubungan dengan tingkat keberhasilan program bayi tabung.  Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

Alpukat – Meningkatkan Kemungkinan Berhasil Sampai Dengan Tiga Kali Lipat

Sebuah penelitian oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa calon Ibu yang mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak zaitun, minyak bunga matahari, kacang-kacangan, biji-bijian, dan tentunya alpukat, memiliki kemungkinan keberhasilan dalam program bayi tabung sampai tiga kali lipat dibanding dengan yang lebih sedikit mengonsumsi lemak tak jenuh.

 

Sebaliknya, penelitian tersebut juga menyatakan bahwa calon Ibu yang mengonsumsi lebih banyak lemak jenuh menghasilkan lebih sedikit sel telur yang baik untuk digunakan dalam program kehamilan ini. Oleh karena itu, seperti dikatakan oleh pimpinan penelitian, Profesor Jorge Chavarro, jenis makanan yang paling baik untuk dikonsumsi adalah Alpukat dan Minyak Zaitun karena banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan rendah kandungan lemak jenis lainnnya.

 

Kopi – Konsumsi Secara Berlebihan Dapat Mengurangi Keberhasilan Sampai 50%

Suatu penelitian yang dilakukan oleh Fertility Clinic of Aarhus University Hospital di Denmark menyatakan bahwa mengonsumsi 5 cangkir kopi atau lebih dalam sehari, dapat berdampak negatif untuk keberhasilan program bayi tabung. Namun demikian, bukan berarti konsumsi kafein benar-benar harus dihindari pada masa program bayi tabung, penelitian tersebut juga mengindikasikan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah rendah dan tidak berlebihan tidak akan memberikan dampak buruk.

 

Buah-buahan dan Sayuran Segar – Selalu Merupakan Ide Yang Baik

Pada saat menjalani program bayi tabung, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung berbagai macam vitamin, antioksidan, dan zat besi selalu merupakan ide yang baik. Beberapa jenis buah dan sayur yang disarankan seperti stroberi, blueberry, pisang, mangga, bayam, labu, dan tomat.

 

 

Source :

Jeffrey B. Russell. (2013). High Protein, Low Carb Diets Greatly Improve Fertility. The American Congress of Obstetrician and Gynecologist. Monday Poster #96: Daily Protein Content Correlates with Increased Fertility and Pregnancy Outcome.

Hassan MAM, Killick SR. Negative lifestyle is associated with a significant reduction in fecundity. Fertil Steril 2004; 81, 384-392.

 Jenny Hope. Avocado diet 'triples chance of success' for couples undergoing IVF.

Retrieved from : http://www.dailymail.co.uk/health/article-2168494/Avocado-diet-triples-chance-success-couples-undergoing-IVF.html