Bagi pasutri yang sedang berusaha memiliki momongan, program bayi tabung bisa menjadi alternatif pilihan. Peluang keberhasilan bayi tabung dapat ditentukan dari umur calon Ibu, semakin muda maka peluang keberhasilan semakin besar. Namun bagaimana bila calon Ibu memiliki riwayat penyakit kronis? Amankah program bayi tabung dan adakah pengaruhnya pada kesehatan calon janin?

Penyakit yang tergolong kronis seperti diabetes, hipertensi dan kondisi pada kelenjar tiroid dapat mempengaruhi kondisi kesuburan. Diabetes dan kondisi hipotiroid dapat menyebabkan penderitanya menjadi infertil. Obat-obatan yang dikonsumsi juga dapat menyebabkan adanya masalah dengan produksi sperma serta kemampuan sperma untuk membuahi sel telur.

Penyakit kronis pada calon Ibu misalnya seperti, kista atau kelainan tertentu pada organ reproduksi memiliki kesempatan lebih besar untuk memiliki anak dengan program bayi tabung, dibandingkan melalui hubungan intim. Semakin buruk penyakitnya maka semakin berpengaruh terhadap keberhasilan bayi tabung. Untuk itu, pasangan perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis tentang penyakit yang diderita dan dokter kandungan. Jika status penyakit tersebut sudah dinyatakan sembuh total, lalu jika hamil dan kehamilannya tidak berpengaruh terhadap penyakitnya, maka tentunya diperbolehkan.

Keadaan calon bayi akan tetap berisiko jika calon Ibu melalui program bayi tabung ataupun hamil melalui hubungan intim. Jika penyakit kronis yang diidap adalah penyakit menurun, maka janin di dalam kandungan kemungkinan akan mengidap penyakit yang sama. Untuk mengetahui hal ini diperlukan tes uji DNA terlebih dahulu, sehingga pasutri dapat mengetahui kemungkinan penyakit kronis akan menurun pada janin atau tidak.

Jangan berkecil hati jika pasutri belum memiliki momongan. Lebih baik pasutri meminta saran atau pendapat dari dokter untuk menentukan penyebabnya dan memilih jalan keluar yang terbaik.

 

 

Source :

Catharina Olivius, B.Sc. 2004. Why do couples discontinue in vitro fertilization treatment? a cohort study. Volume 81, Issue 2, Pages 258–261, accessed May 2016

Liza Charlesworth. 2004. The Couple's Guide To In Vitro Fertilization: Everything You Need To Know To Maximize Your Chances Of Success. May 2016