Jika Anda sudah mengetahui jenis-jenis makanan yang baik bagi kesuburan, ada baiknya Anda juga mengetahui jenis-jenis makanan yang mengganggu kesuburan agar dapat dihindari. Jenis makanan dapat berpengaruh langsung pada produksi hormon yang bekerja pada organ reproduksi. Berikut adalah jenis makanan yang harus dihindari:

  • Makanan Berkadar Gula Tinggi

Kadar gula tinggi dapat menyebabkan seseorang terkena diabetes. Terutama bagi para calon ibu dengan PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome), makanan dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan resistansi insulin. Resistansi insulin inilah yang menyebabkan keseimbangan hormon terganggu dan calon ibu akan mengalami haid yang tidak teratur. Cara yang bisa Anda lakukan adalah mengganti nasi putih dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau gandum.

  • Telur dan Daging Tidak Matang

Studi menunjukkan, 39% wanita yang sering mengkonsumsi daging merah memiliki tingkat kesuburan yang lebih rendah dari wanita yang mengkonsumsi daging merah lebih sedikit. Telur dan daging yang tidak matang rentan terhadap bakteri salmonella yang menyebabkan kesuburan menurun.

  • Susu Rendah Lemak

Wanita yang mengkonsumsi susu rendah lemak memiliki kesulitan untuk mendapatkan kehamilan. Hal ini disebabkan oleh hormon yang terkandung di dalam susu. Susu yang diperah dari sapi umumnya memiliki tingkat hormon esterogen 33% lebih tinggi. Saat lemak dipisahkan dari susu, beberapa hormon seperti estrogen dan progesteronmenempel pada lemak. Ketika lemak sudah dipisahkan, hormon yang larut dalam air dan tertinggal adalah androgen dan prolactin. Hormon androgen, yang biasanya dimiliki oleh pria, dapat mengganggu perkembangan folikel sel telur. Jadi, lebih baik konsumsi susu full cream untuk memenuhi kadar kalsium harian Anda.

  • Kacang Kedelai

Kacang kedelai memang termasuk golongan kacang-kacangan yang sehat, tetapi jangan mengkonsumsi terlalu banyak. Kedelai dalam jumlah banyak dapat menurunkan kadar LH (leutinizing hormone) dan SH (follicle-stimulating hormone) yang memperpanjang siklus menstruasi.

Selain makanan-makanan di atas, hentikan konsumsi kafein, alkohol, dan rokok yang buruk bagi kesuburan Anda. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan sebagai sumber asam folat dan vitamin. Jangan lupa jaga kesehatan Anda dengan olahraga.

Source :

http://segiempat.com/ibu-anak/kehamilan/cara-cepat-hamil/beberapa-makanan-yang-mengurangi-kesuburan/

http://m.tempo.co/read/news/2013/10/10/060520599/Empat-Makanan-yang-Mengganggu-Kesuburan-Anda

http://pondokibu.com/makanan-yang-bisa-mengganggu-kesuburan-wanita.html

http://bidanku.com/penyebab-masalah-kesuburan

http://www.bodyenlightenment.me/blog/2008/03/the-4-worst-foods-for-your-fertility/