Setiap pasangan memiliki kemungkinan yang sama dalam mendapatkan bayi dengan jenis kelamin laki-laki ataupun perempuan. Banyak artikel atau pembahasan yang menganjurkan cara-cara mendapatkan bayi dengan jenis kelamin yang diinginkan. Faktor yang dianggap menentukan adalah waktu berhubungan, posisi, jenis makanan, bahkan ada  beberapa cara khusus yang harus dilakukan sebelum berhubungan. Namun apakah hal ini benar-benar dapat mempengaruhi jenis kelamin bayi?

Kita ketahui jenis kelamin bayi ditentukan dari kromosom yang dimiliki oleh embrio. Kromosom laki-laki dibentuk oleh kromosom Y, sedangkan kromosom perempuan memiliki jenis kromosom X. Saat pembuahan jutaan sel sperma akan menuju sel telur. Hanya satu sel sperma pertama yang berhasil membuahi sel telur akan menentukan jenis kelamin bayi. Jika sperma yang membuahi memiliki kromosom Y, maka anak yang dihasilkan adalah laki-laki. Begitu juga dengan sperma yang memiliki kromosom X akan menghasilkan anak perempuan ketika membuahi sel telur.

Pengaturan jenis kelamin bayi menurut jenis makanannya tidak sepenuhnya benar. Diet jenis kelamin hanya akan membuat tubuh mempersiapkan lingkungan kerja terbaik untuk kromosom yang diinginkan.

Jika Anda menginginkan bayi laki-laki, Anda harus mengenali sifat kromosom Y terlebih dahulu. Kromosom Y bergerak secara lincah namun memiliki daya tahan yang rendah. Lingkungan yang baik untuk kromosom Y dapat didukung dengan makanan yang bersifat basa dan mengandung magnesium. Jenis pilihan makanan yang baik untuk kromosom Y : Daging merah, ikan, kue, sup krim, soda, ataupun pisang yang kaya akan potasium. Hindari makanan yang bersifat asam karena dapat membunuh kromosom Y.

Jika Anda menginginkan bayi perempuan, sifat kromosom X lebih tahan lama meskipun pergerakannya lebih lambat. Lingkungan yang bersifat asam adalah lingkungan yang kondusif bagi kromosom X. Konsumsi makanan yang bersifat asam, tinggi kalsium, dan rendah garam. Makanan yang dianjurkan dikonsumsi adalah buah, sayur, dan produk tinggi kalsium seperti susu, keju, atau yoghurt.

Diet jenis kelamin sebaiknya dilakukan 3 bulan menjelang kehamilan. Jangan terlalu memaksakan diri karena bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan nutrisi untuk perkembangan kesehatan calon bayi.

Source :

http://www.alodokter.com/apa-yang-menentukan-jenis-kelamin-bayi

http://www.ayahbunda.co.id/prakonsepsi-gizi-kesehatan/menentukan-jenis-kelamin-bayi

http://dechacare.com/Faktor-Faktor-Yang-Menentukan-Jenis-Kelamin-Pada-Bayi-I401-1.html

http://www.kompasiana.com/sitiwahyuni/makanan-penentu-jenis-kelamin-bayi-mitos-ataukah-fakta_54f8a6a8a33311cc098b4715